Penerapan Metode Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas V
Abstract
Quantum teaching adalah metode pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Pembelajaran fiqih adalah proses belajar memahami hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan, baik yang bersifat ibadah maupun muamalah (interaksi sosial). Sebelum menerapkan metode pembelajaran quantum teaching pada pembelajaran Fiqih dari 13 peserta didik terdapat 3 (23,07%) peserta didik yang tuntas dan 10 (76,92%) peserta didik yang belum tuntas. Selanjutnya dengan menerapkan metode pembelajaran quantum teaching diperoleh peningkatan prestasi belajar peserta didik, pada siklus I yang tuntas 4 (30,76%) peserta didik sedangkan yang belum tuntas 9 (69,23%). Pada siklus II yang tuntas 13 (100%) peserta didik dari data di atas terjadi peningkatan dari data awal, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hingga 9 (69,23%) peserta didik yang telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 76,92. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
References
Abdullah, dkk. (2022). Peningkatan dan Perkembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Ali, I., & Suarlin. (2018). Quantum Teaching Sebagai Alternatif Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, (h. 498).
Arikunto, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Bastian, A., & Reswita. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Budiyono. (2023). Manajemen Pembelajaran dan Prestasi Belajar Siswa. Jawa Barat: PT Arr Rad Pratama.
Fitriyati, D. F., dkk. (2021). Metode Pembelajaran PGMI: Mengajar Itu Mudah, Asal Tau Caranya. Pekalongan: Scientist Publishing.
Harahap, N. A. (2021). Monograf Model Quantum Teaching dan Metode Scaffolding Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika. Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung.
Hidayatullah. (2019). Fiqih. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari.
Mislan, & Irwanto, E. (2021). Strategi Pembelajaran Komponen, Aspek, Klasifikasi dan Model-model dalam Strategi Pembelajaran. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.
Siswati, B. H., dkk. (2024). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Siswa Melalui Quantum Teaching dan Learning Berbasis Augmented Reality. Yogyakarta: CV Ananta Vidya.
Sianturi, C. L., & Girsang, E. (2022). Quantum Teaching Tipe TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan). Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 284-287.
Tirtoni, F. (2024). Buku Ajar Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Wardani, I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wena, M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.
Zulkifli. (2020). Panduan Praktis Memahami Zakat Infak, Shadaqah, Wakaf dan Pajak. Yogyakarta: Kalimedia.
Copyright (c) 2025 Syahrul Effendi Lubis, Muhammad Azhari, Mira Andriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.