Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas IV

  • Siti Mellani Asri STAI Raudhatul Akmal
  • Masyitah STAI Raudhatul Akmal
  • Raudha Zaini STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Keterampilan Membaca, Bahasa Indonesia, Strategi Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang wajib ditempuh dalam setiap pendidikan sekolah formal,termasuk jenjang pendidikan dasar atau yang lebih dikenal dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD). Hal ini dikarenakan bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelajaran ini memiliki empat keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu keterampilan berbicara, mendengar atau menyimak, menulis, dan keterampilan membaca. Semua keterampilan di atas merupakan bekal dasar pengetahuan bagi siswa untuk mempelajari khazanah keilmuan. Hasil penelitian awal atau sebelum diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC hanya 5 siswa (35,71%) yang benar-benar tuntas. Tingkat ketuntasan ini di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 70. Siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan, siklus I hasil keterampilan membaca siswa yang memenuhi KKM sebanyak 7 siswa (50%). Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (85,71%). Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil keterampilan membaca siswa yaitu 5 siswa (35,71%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV MIS Mutiara Zahra, Kecamatan Batang Kuis.

Author Biographies

Siti Mellani Asri, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Masyitah, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Agama Islam

Raudha Zaini, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Ardhani, D. J., & Fauzan. (2022). Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2).

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (SD/MI). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jannah, S. R., & Aisyah, N. (2021). Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1).

Lamatenggo, N. (2020). Strategi Pembelajaran. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, 14 Juli.

Lisdiana, A. (2003). Buku Ajar Strategi Pembelajaran IPS. Lampung: CV. Laduny Alifatama.

Lewang, S., dkk. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Makkasar: Chakti Pustaka Indonesia.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mailida, Y., & Wandani, R. R. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2)

Mistendeni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3).

Paizaluddin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Prihatin, Y., & Sari, R. H. (2020). Strategi Membaca Pemahaman. Jawa Timur: CV. Pustaka Djat.

Rahman, B. A., & Efrizon. (2022). Pengembangan Jobsheet Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).

Resmini, N., dkk. (2006). Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin. (2006). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice (Buku Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktek, Narulita Yusron, Penerjemah). Bandung: Nusa Media.

Solihatin, E., & Raharjo, C. B. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukma, H. H., & Puspita, L. A. (2018). Ketrampilan Membaca dan Menulis (Teori dan Praktik). Yogyakarta: K-media.

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2014). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, H. B., & Nurdin, M. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press.

Published
2025-05-31
How to Cite
Siti Mellani Asri, Masyitah, & Raudha Zaini. (2025). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas IV. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(3), 172-186. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i3.598