M, Ah Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pelajaran Fiqih MTs YPI Batang Kuis
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang kemampuan guru pada mata pelajaran Fiqih dalam melakukan komunikasi persuasif di MTS YPI Batang Kuis, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada matapelajaran Fiqih di MTS YPI Batang Kuis, 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang kemampuan guru dalam melaksanakan komunikasi persuasif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTS YPI Batang Kuis. Setalah dilaksanakan penelitian, terdapat hasil observasi dan angket, sebagai berikut : 1)Variabel X , ada 4 orang atau 10 %, berada pada rata-rata interval kelas, dan 16 orang atau 40% nilainya berada di atas kelas rata-rata serta 20 orang atau 50% responden yang nilainya berada di bawah kelas interval rata-rata. 2)Variabel Y, dari 40 responden ada 15 orang atau 40 %, pada rata-rata interval kelas, dan 9 orang atau 22,5% nilainya berada di atas kelas rata-rata serta 15 orang atau 37,5% responden yang nilainya di bawah kelas interval rata-rata. 3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi persuasif guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs YPI Batang Kuis. Ini dapat dilihat setelah dilakukan penghitungan untuk ttabel dengan jumlah responden 40 orang pada taraf signifikasi 5% yaitu sebesar 2,02439. Ini menunjukkan thitung > ttabel atau dengan kata lain 2,689 > 2,02439. Setelah dilakukan pengujian hipotesis penelitian ini, dapat diketahui thitung diperoleh sebesar 2,689 sedangkan ttabel sebesar 2,02439 pada taraf signifikasi 5%. Apabila thitung > ttabel. Hasil uji hipotesis ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi persuasif guru terhadap motivasi belajar siswa bidang studi Fiqih di MTs YPI Batang Kuis atau dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak.
References
Ardiansyah, D. N., & Rochmawati. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2404.
Christy, N. J. J., & Oktavianti, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Koneksi, 5(1), 187–193. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24912/Kn.V5i1.10231
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V3i2.11764
Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Secara Onlinepada Pelajaran Animasi 2d Melalui Strategi Komunikasi Persuasif. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V5i1.143
Wungubulen, K. T., Nasar, A., & Rahmawati, A. S. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Google Classroom Dan Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas Ix Melalui Belajar Dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2386
Copyright (c) 2025 Milhan Azhari Hasibuan, Eka Zul Wahyudi, Muhammad Azhari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.