Pengaruh Media Audio Terhadap Prestasi Siswa Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Negeri 1 Beringin Deli Serdang

  • Khofifah STAI Raudhatul Akmal
  • Hoirul Amru Siregar STAI Raudhatul Akmal
  • Masyitah STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar Siswa, Media Audio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran Media Audio di SMP Negeri 1 Beringin (2) Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Beringin (3). Pengaruh Media Audio Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 1 Beringin. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Beringin yang jumlahnya 42 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan metode angket untuk variabel Penggunaan Media Audio dan Prestasi Belajar Siswa. Teknik analisis data menggunakan stastitik deskriptif dan korelasi “Product Moment”. Besarnya Indeks korelasi product moment 0,91. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi. Adanya tingkat signifikan antara Penggunaan Media Audio dan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Beringin dengan hasil thitung> ttabel yaitu 14,02 > 2,021 serta besar Koefisien Determinasi 83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat hubungan yang sangat kuat antara Penggunaan Media Audio dan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Beringin.

Author Biographies

Khofifah, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Hoirul Amru Siregar, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Masyitah, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

References

Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, Vol. 3 No. 2(2), 19–25. Kusyairy, U., & Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward And Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 81–88.

Firmansyah, Mokh. Iman. 2019. Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, dasar, dan fungsi, Jurnal Ta’lim Vol. 17 No.2.

Rohmah, L. (2024). Pemberian Reward Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini : Studi Kualitatif Deskriptif. 07(02), 60– 73. Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515 Nasution, S. 2018. Metode Research. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Perlovsky, Leonid. 2017. Music, Passion, and Cognitive Function. Northeastern University, Boston, MA, United States.

Simms, Nina K. et al. 2018. Working memory predicts children’s analogical reasoning, a Spatial Intelligence and Learning Center, Northwestern University, Evanston.

Slameto. 2020. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.Suryani, Nunuk dkk. 2018. Media Pembelajaran Novatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amiruddin, A., Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,2(01),210–219. https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V2i01.1596.

Syah, Muhibbin. 2020. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Masyitah, Muhammad Azhari, Hoirul Amru, Afrida Handayani,Fauzi Fahmi ,Melinjo Mendunia Ciri Khas Desa Dalu Sepuluh B Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, Vol.5 No.1.OI 10.47006/attazakki.v5i1.13403

Rinaldi, R., Fahmi, K., & Masyitah, M. (2024). Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Tingkat Sekolah Dasar. Likhitaprajna Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana, 26(1), 20–28. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v26i1.279

Published
2025-03-23
How to Cite
Khofifah, Siregar, H. A., & Masyitah, M. (2025). Pengaruh Media Audio Terhadap Prestasi Siswa Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Negeri 1 Beringin Deli Serdang. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(2), 41-54. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i2.450