Pengaruh Mendengarkan Lagu Terhadap Ingatan Siswa Pelajaran PAI VII MTS Nurul Khairiyah Pantai Labu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penggunaan Media Lagudi MTs Nurul Khairiyah Kecamatan Pantai Labu (2) Kemampuan Ingatan Siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Nurul Khairiyah Kecamatan Pantai Labu. (3) Pengaruh Mendengarkan LaguTerhadap Kemampuan IngatanSiswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII MTs Nurul Khairiyah Kecamatan Pantai Labu. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTs Nurul Khairiyah yang jumlahnya 42 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan metode angket untuk variabel Mendengarkan Lagu dan Kemampuan Ingatan Siswa.Teknik analisis data menggunakan stastitik deskriptif dan korelasi “Product Moment”. Besarnya Indeks korelasi product moment 0,82. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sangat tinggi. Adanya tingkat signifikan antara Mendengarkan Lagudan Kemampuan Ingatan Siswadi MTs Nurul Khairiyah dengan hasil thitung> ttabel yaitu 9,03>2,021 serta besar Koefisien Determinasi 67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat pengaruh yang tinggi antara Mendengarkan Lagudan Kemampuan Ingatan Siswadi MTs Nurul Khairiyah Kecamatan Pantai Labu.
References
Firmansyah, Mokh. Iman. 2019.Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, dasar, dan fungsi, Jurnal Ta’lim Vol. 17 No.2 .
Harianti, Deasy. 2019. Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 17 No. 2 .
H, Das, S. W. 2018. The Character Education of Early Childhood: BrainBased Teaching Approach. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.
Perlovsky, Leonid. 2017. Music, Passion, and Cognitive Function,Northeastern University, Boston, MA, United States.
Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, Vol. 3 No. 2(2), 19–25. Kusyairy, U., & Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward And Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 81–88.
Firmansyah, Mokh. Iman. 2019. Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, dasar, dan fungsi, Jurnal Ta’lim Vol. 17 No.2.
Rohmah, L. (2024). Pemberian Reward Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini : Studi Kualitatif Deskriptif. 07(02), 60– 73. Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515 Nasution, S. 2018. Metode Research. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Haris, A., & Herlina, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di Smpn 2 Takalar. Educandum, 9(1), Article 1. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1052
Sujarwo, S., Akip, M., Janna, M., & Abadi, C. (2023). Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 6 Lubuklinggau. Edification Journal, 6(1), 19–35. https://doi.org/10.37092/ej.v6i1.604 DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v6i1.604
Slameto. 2020. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.Suryani, Nunuk dkk. 2018. Media Pembelajaran Novatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Amiruddin, A., Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,2(01),210–219. https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V2i01.1596.
Masyitah, M. A., Siregar, H. A., Handayani, A., & Fahmi, F. (2021). Melinjo Mendunia Ciri Khas Desa Dalu Sepuluh B Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 5(1), 8-18.
Ekaningsih, N., Haq, S., Waldi, I., Hidayat, R., & Melati, E. (2025). The Implementation of Khuluqiyah Values by Islamic Education Teachers in Preventing Bullying Among Students. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(2), e03316-e03316.
Copyright (c) 2025 Nurul Aini, Muhammad Azhari, Irfa Waldi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.