Pengaruh Metode Cart Sort terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fikih di Kelas VII MTs Ishlahiyah Panipahan

  • Tari Rizkiyani STAI Raudhatul Akmal
  • Muhammad Azhari STAI Raudhatul Akmal
  • Eka Zul Wahyudi STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Metode Cart Sort, Motivasi Belajar, Pembelajaran Fikih, Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Cart Sort terhadap motivasi belajar siswa (pembelajaran fiqih kelas VII MTS Ishlahiyah Panipahan). Dalam penelitian ini yang penulis gunakan adalah metode kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Dalam menganalisis data penulis menggunakan rumus statistic product moment. Dari penelitian yang dilaksanakan di kelas VII A, VII B dam VII C di MTS Ishlahiyah Panipahan, diperoleh hasil metode cart sort mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket mengenai pengaruh metode cart sort dan motivasi belajar siswa, diketahui dari 40 responden, mayoritas jawaban responden menunjukkan bahwa pengaruh metode cart sort terhadap motivasi belajar adalah sangat tinggi sesuai dengan perhitungan angket, dengan demikian metode cart sort mendapat respon yang baik dari peserta didik, sehingga terciptanya pembelajaran yang aktif, dan dapat ditarik kesimpulan dari hasil yang penulis lakukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengaruh metode cart sort terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil indeks korelasi product moment yang di dapat sebesar 0,90 yang berkisaran antara 0,90-1,00 sehingga metode cart sort berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang kuat atau sangat tinggi.

Author Biographies

Tari Rizkiyani, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Muhammad Azhari, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Eka Zul Wahyudi, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

References

Harianti, Deasy. 2019. Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 17 No. 2 .

H, Das, S. W. 2018. The Character Education of Early Childhood: BrainBased Teaching Approach. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.

Perlovsky, Leonid. 2017. Music, Passion, and Cognitive Function,Northeastern University, Boston, MA, United States.

Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, Vol. 3 No. 2(2), 19–25. Kusyairy, U., & Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward And Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 81–88.

Firmansyah, Mokh. Iman. 2019. Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, dasar, dan fungsi, Jurnal Ta’lim Vol. 17 No.2.

Rohmah, L. (2024). Pemberian Reward Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini : Studi Kualitatif Deskriptif. 07(02), 60– 73. Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515 Nasution, S. 2018. Metode Research. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Haris, A., & Herlina, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di Smpn 2 Takalar. Educandum, 9(1), Article 1. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1052

Sujarwo, S., Akip, M., Janna, M., & Abadi, C. (2023). Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 6 Lubuklinggau. Edification Journal, 6(1), 19–35. https://doi.org/10.37092/ej.v6i1.604 DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v6i1.604

Slameto. 2020. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.Suryani, Nunuk dkk. 2018. Media Pembelajaran Novatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amiruddin, A., Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,2(01),210–219. https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V2i01.1596.

Masyitah, M. A., Siregar, H. A., Handayani, A., & Fahmi, F. (2021). Melinjo Mendunia Ciri Khas Desa Dalu Sepuluh B Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 5(1), 8-18.

Wahyudi, E. Z., Nasution, S., Suhartono, B., Rambe, U. K., Ahmad, Z., & Dalimunthe, A. Y. (2023). Model Pembelajaran Efektif Untuk Pencapaian Kompetensi. Ar-raudah: Jurnal Pendidikan dan Keagamaan, 2(2), 46-59.

Published
2025-03-23
How to Cite
Tari Rizkiyani, Muhammad Azhari, & Eka Zul Wahyudi. (2025). Pengaruh Metode Cart Sort terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fikih di Kelas VII MTs Ishlahiyah Panipahan. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(2), 65-76. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i2.446