Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT Siswa Kelas V MIS Ar-Rasyid
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis IT, (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis IT, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar Fiqih materi sedekah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis IT. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dimana pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Ar-Rasyid dengan jumlah 23 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya terdapat 8 dari 23 siswa tuntas belajar dengan presentase 35%. (2) Pada siklus I terdapat 13 siswa tuntas belajar dengan presentase 57%. (3) Hasil belajar pada siklus II terdapat 20 siswa atau 87% dinyatakan tuntas belajar. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar Fiqih materi sedekah siswa kelas V MIS Ar-Rasyid meningkat setelah menggunakan media pembelajaran berbasis IT.
References
Ade Darman, Regina Belajar dan Pembelajaran, Guepedia The First On- Publisher in Indonesia, 2020.
Anjelika, Gabriela, dkk, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT di Sekolah Dasar, vol.3 no.2, Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Agustus 2023.
Ariani, Nurlina, dkk, Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.
Aryadillah dan Fifit Fitriansyah, Teknologi Media Pembeljaran : Teori dan Praktik, Percetakan Herya Media, 2017.
Beni, Faizal, Upaya Meningkatkan Karakter Siswa dalm Pembelajaran Akidah Akhlak melalui Model Problem Basic Learning (PBL), Vol. 1, No. 5, 2023.
Dimyanti dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarrta: Rineka Cipta, 2020.
Hamdanah dan Iqbal Hasanuddin, Media Pembelajaran Berbasis ICT, Sulawesi Selatan: IAIN PAREPARE NUSANTARA PRESS, 2019.
Hamzah dan Nina Lamantenggo, Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Hasan, Muhammad ,dkk, Media Pembelajaran, Klaten: Tahta Media Group,2021. Kristanto, Andi, Media Pembelajaran, Jawa Timur: Penerbit Bintang Sutabaya, 2016.
Nurhayati dan Ali Imran, Fiqh dan Ushul Fiqh, Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Nurwulan, dkk, Improving Learning Outcomes of 2nd Grade Student Through Video-Based Learning Media. International Journal of Elementary Education, 2020.
Rianto, Bayu dan Welly Dozan, Dasar-Dasar Pengantar Teknologi Informasi, Malang: CV. Multimedia Edukasi, 2020.
Santri Syafri, Fatrima, Pembelajaram Matematika, Yogyakarta: Matematika, 2016.
Sari, Suci Perwita, dkk, Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD, Vol. 1, No. 1, Educational Journal of Elementary School. 2020.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sodikin dan Khotim Ashom, Implementasi Pembelajaran Fiqih Materi Sholat dengan Media Audio Visual di Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No.1, EDUCARE:Journal of Primary Education, 2021.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003. Syahputra, Randi, dkk, Media Pembelajaran Berbasis IT, Vol. 03, No. 02, Journal Of Information System And Management, 2024.
W. Kohler, Frank, dkk, Effect of Peer Coaching and Students Outcomes, The Journal of Educational, 1997.
Wicaksono, Girgantara dan Iswan, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten, Vol. III, No. 2, HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, November 2019.
Wijaya, Candra dan Syahrum, Penelitian Tindakan Kelas: Melejitkan Kemampuan Penelitian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru, Medan: Perdana Mulya Sarana, 2013.
Copyright (c) 2025 Annisa Rahma, Eka Zul Wahyudi, Mira Andriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.