Penerapan Pendekatan Kontekstual Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV

  • Priana Azhari STAI Raudhatul Akmal
  • Muhammad Azhari STAI Raudhatul Akmal
  • Heri Munte STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Pendekatan Kontekstual, Metode Tanya Jawab, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan pendekatan kontekstual melalui metode tanya jawab dalam rangka meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV di MIS BKM Nurul Iman, Desa Durian, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas. Subjek yang diteliti adalah 23 siswa kelas IV di MIS BKM Nurul Iman. Data dikumpulkan melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang melibatkan perhitungan skor rata-rata. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar IPA dengan target mencapai 75%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual melalui metode tanya jawab memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas IV MIS BKM Nurul Iman, Desa Durian, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Author Biographies

Priana Azhari, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Muhammad Azhari, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Heri Munte, STAI Raudhatul Akmal

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Aqib, Zainal, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif), Bandung: CV Yrama Widya, 2013.

Djamaluddin, Ahdar, Belajar dan Pembelajaran, Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center, 2019.

Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2014.

Muhammad Fathurrohman & Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2012.

Mualimuna, Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fiqih, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2017.

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Rosdakarya, 2009.

Mulyono, Strtegi Pembelajaran, Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Purwanto, Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta; Kalam Mulia, 2012.

Rosyid, Zaiful, Prestasi Belajar, Surakarta: Literasi Nusantara, 2019.

Sanjaya,Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2013.

Slameto, Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sulaiman, Metode dan Model Pembelajaran Abad 21, PT. Green Pustaka Indonesia, yogyakarta. 2011.

Sugiharto.dkk, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos 1999.

Takdir, Muh. Model Pembelajaran Kontekstual, STKIP Muhammadiyah Bogor, 2023.

Wisudawati, Asih, Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Published
2025-03-23
How to Cite
Priana Azhari, Muhammad Azhari, & Munte, H. (2025). Penerapan Pendekatan Kontekstual Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(2), 95-114. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i2.443