Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas III

  • Dian Wahyuni STAI Raudhatul Akmal
  • Muhammad Azhari STAI Raudhatul Akmal
  • Mira Andriyani STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Media PowerPoint, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Matematika, khususnya pada materi Bangun Ruang, sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran PowerPoint. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas III MIS BKM Nurul Iman yang terletak di Desa Durian, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. Pada hasil tes awal (pre-test), terdapat 6 siswa (23%) yang telah mencapai ketuntasan, sementara 20 siswa (70,4%) belum tuntas. Ketuntasan klasikal hasil belajar mencapai 29,6% dengan rata-rata nilai 57,7. Selanjutnya, setelah dilaksanakan siklus I dengan penerapan media PowerPoint, 14 siswa (54%) berhasil tuntas, sedangkan 12 siswa (46%) masih belum tuntas. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada tahap ini adalah 54% dengan rata-rata nilai 64,3, yang masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah, yaitu 65. Karena nilai yang diperoleh belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah, maka dilanjutkan ke siklus II dengan menggunakan model yang sama. Pada siklus II, terdapat 25 siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 97%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 97% dengan rata-rata nilai 76, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dalam hasil belajar Matematika pada materi Bangun Ruang.

Author Biographies

Dian Wahyuni, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Muhammad Azhari, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Agama Islam

Mira Andriyani, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Amaliyag, Ita Alfi. “Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 Min 2 Sidoarjo.” Suparyanto Dan Rosad (2015 5, no. 3 (2020): 248–53.

Pramestika, Lionida Adhi. “Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sd.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (2021): 110–14. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.610.

Trianziani, Shiska. “View Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk” 4, no. November (2020): 274–82.

Rumidjan, dkk.,. “Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 26, no. 1 (2017): 62–68. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p062.

Anwar, N H. “Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Kelas Xi Ipa Sman 1 Tanete Rilau.” Universitas Alauddin, Makassar, 2017.

Chofifah, Neza, Nyamik Rahayu Sesanti, and Sri Rahayu. “Media Pembelajaran ARBA (Augmented Reality Berbasis Assemblr EDU) Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 8 (2024): 521–32.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, Kaslam. “Efektifitas Penggunaan Media Powerpoint Topik Lingkaran Terhadap Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 2, no. 2 (2019): 18–24.

Kurnia, Wulan Hikmah. “Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Pertiwi Teladan Metro Pusat,” 2020, 1–81. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3355/1/WULAN KURNIA HIKMAH_1601050034_PGMI.pdf.

Mu'alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). “Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik." Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Megasari, Kiki. (2023). “Efektivitas Media Audio Visual Dan PowerPoint Terhadap Pengetahuan Dan Sikap.

Published
2025-05-31
How to Cite
Dian Wahyuni, Muhammad Azhari, & Mira Andriyani. (2025). Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas III. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(3), 197-217. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i3.442