Penerapan Strategi Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V
Abstract
Strategi pembelajaran kooperatif STAD melibatkan siswa yang belajar dalam kelompok yang beragam, baik dari segi prestasi, gender, maupun latar belakang budaya. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terdapat empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V MIS BKM Nurul Iman desa Durian? Berdasarkan analisis persentase motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 70,2%, dan pada siklus II mencapai 98,4%, hasil tersebut terdapat peningkatan sebesar 28,2 %. Pada kegiatan observasi aktivitas siswa pada siklus I hanya terdapat 2 (8%) siswa dengan kategori sangat baik, 2 (8%) siswa dengan kategori baik, 2 (8%) siswa dengan kategori cukup, 10 (40%) siswa dengan kategori kurang dan 9 (36%) siswa dengan kategori sangat kurang. Pada siklus II, proses pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Belajar Berwirausaha dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh hasil observasi aktivitas siswa terbilang sangat baik. Terdapat 15 (60%) siswa dengan kategori sangat baik dan 10 (40%) siswa dengan kategori baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
References
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar dan Kompilasi Konsep. CV. Pusdikra MJ.
Agung, I. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Buana Murni.
Fauzan. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Gaung Persada.
Harefa, E., dkk. (2024). Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Huda, M. (n.d.). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.
Kementerian Agama RI. (2017). Al-Quran dan Terjemahan. Sygma Creative Media Corp.
Kusuma, J. W., dkk. (2023). Strategi Pembelajaran. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Pendidik. Kata Pena.
Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 5483.
Manasikana, O. A., dkk. (2021). Model Pembelajaran Inovatif Dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru Ipa SMP. LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Mislan, & Irwanto, E. (2021). Buku Ajar Strategi Pembelian Komponen, Aspek, Klasifikasi dan Model-Model Dalam Strategi Pembelajaran. Penerbit Lakeisha.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Nurhayani, & Salistina, D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV Gerbang Media Aksara.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. RajaGrafindo Persada.
Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sutikno, S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.
Utaminingsih, E. S., dkk. (2023). Strategi Dan Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievements Division (STAD) Dan Make A Match. Eureka Media Aksara.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1), 22.
Copyright (c) 2025 Fitriatul Husna, Muhammad Azhari, Masyitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.