Implementasi Strategi Kooperatif Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI

  • Siti Ferrari STAI Raudhatul Akmal Batang Kuis
  • Muhammad Azhari STAI Raudhatul Akmal
  • Hoirul Amru Siregar STAI Raudhatul Akmal
Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Abstract

IPAS memiliki peranan penting dalam kehidupan. Dengan memahami IPAS dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep tentang lingkungan, alam dan masyarakat sekitar. Melalui pembelajaran IPAS, peserta didik diajarkan untuk mengamati fenomena alam dan sosial di sekitar mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas VI Mis Nurul Huda, Tanjung Morawa? Hasil penelitian awal atau sebelum diterapkannya strategi kooperatif tipe make a match peserta didik memiliki nilai rata-rata 64,68 dan hanya 3 (18,75%) peserta didik di nyatakan tuntas belajar dan 13 (81,25%) peserta didik lainnya memperoleh hasil belajar di bawah KKM pelajaran IPAS yang bernilai 80. Selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus I dengan penggunaan strategi kooperatif tipe make a match. Hasil tes siklus I terdapat 7 (43,75%) peserta didik telah tuntas dan mencapai nilai KKM. Namun ini juga belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka dari itu penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II terdapat 14 (87,5%) peserta didik yang telah tuntas dan mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat di buktikan bahwa implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas VI MIS Nurul Huda Tanjung Morawa.

Author Biographies

Siti Ferrari, STAI Raudhatul Akmal Batang Kuis

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Muhammad Azhari, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Agama Islam

Hoirul Amru Siregar, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Agama Islam

References

Agustiningsih, N. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif. Mataram: Sanabil.

Ahmad, N. (2015). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena Yogyakarta.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Andryannisa, M. A., dkk. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SD Islam Riyadhul Jannah Depok. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3), 11720.

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Jawa Tengah: Pena Persada.

Aqib, Z., dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Bastian, A., & Reswita. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 324.

Hadi, I. A. (2020). Strategi Pembelajaran Inovatif Kooperatif di Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi, 4(2), 186.

Haudi. (2021). Strategi pembelajaran. Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri.

Haryati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendikia.

Huda, M. (2015). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Agama RI. (2017). Al-qur’an dan Terjemah. Bandung: Sygma Creative Media Corp.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Penerbit Ediide Infografika.

Kurniawati, W., dkk. (2023). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jawa Tengah: IBPress.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lisdiana, A. (2023). Strategi Pembelajaran IPS. Lampung: CV. Laduny Alifatama.

Mislan, & Irwanto, E. (2021). Buku Ajar Strategi Pembelian Komponen, Aspek, Klasifikasi dan Model-model Dalam Strategi Pembelajaran. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nanda, I., dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Nashrullah. (2022). Pembelajaran IPS Teori dan Praktik. Kalimantan Selatan: CV. El Publisher.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Oktavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Palupi, M. A., & Husamah. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SDN Sumbersari 2 Kota Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4654.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedias.

Prihatmojo, A., & Rohmani. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Who Am I. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kota Bumi.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhelayanti, dkk. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Usman, J, dkk. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: AcehPo Publishing.

Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press.

Zulherman, dkk. (2023). Buku Ajar IPA Sekolah Dasar. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Published
2025-05-31
How to Cite
Siti Ferrari, Muhammad Azhari, & Siregar, H. A. (2025). Implementasi Strategi Kooperatif Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas VI. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(3), 236-259. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i3.439