Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Kelas IX di SMP IT Al-Hijrah

  • Adilla Aisyahrani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabila Yasmin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Fattah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • OK Reza Fathurrahman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zoe Zarka Syafiq Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Reward, Hasil Pembelajaran, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian reward terhadap hasil pembelajaran siswa kelas IX di SMP IT Al-Hijrah. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket skala likert untuk mengukur persepsi terhadap pemberian reward, serta tes hasil belajar untuk menilai pencapaian akademik siswa. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa pemberian reward memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran siswa, dengan kontribusi sebesar 25,1%, sedangkan 74,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,225 lebih besar dari t tabel sebesar 2,040, yang berarti hipotesis alternatif diterima. Reward terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini merekomendasikan pemberian reward secara konsisten dan terstruktur untuk memotivasi siswa, serta pengembangan variabel tambahan dalam penelitian lanjutan, seperti gaya mengajar guru atau pengaruh lingkungan keluarga, untuk memperluas wawasan terkait hasil pembelajaran.

Author Biographies

Adilla Aisyahrani, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Salsabila Yasmin, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Abdul Fattah Nasution, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

OK Reza Fathurrahman, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Zoe Zarka Syafiq, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

References

Amiruddin, A., Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219. Https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V2i01.1596

Azmi, N. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. Joeai, 11(1), 1–14.

Emda Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, Vol. 3 No. 2(2), 19–25.

Kusyairy, U., & Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward And Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 81–88.

Meydena Andhela Totoda, R., Monigir, N. S. L., Satriani;, G., & Norma, N. (2020). Analisis Kebijakan Dan Peran Guru Dalam Pergantian Dan Pengembangan Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 7(6), 4145–4148.

Novriana Irma Dkk. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 1 Di Sdn 3 Rambutan. Journal On Teacher Education, 4(1), 685–690.

Rohmah, L. (2024). Pemberian Reward Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini : Studi Kualitatif Deskriptif. 07(02), 60–73.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Published
2025-01-27
How to Cite
Adilla Aisyahrani, Salsabila Yasmin, Nasution, A. F., OK Reza Fathurrahman, & Zoe Zarka Syafiq. (2025). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Kelas IX di SMP IT Al-Hijrah. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 3(1), 24-27. https://doi.org/10.33151/ijomss.v3i1.429