Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap UMKM di CFD Lapangan Merdeka Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen terhadap kegiatan perdagangan yang berlangsung di Car Free Day (CFD) Lapangan Merdeka, Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam yang melibatkan 20 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden cenderung lebih mempercayai produk yang memiliki banyak testimoni positif dari konsumen lain. Selain itu, respons penjual terhadap testimoni tersebut terbukti memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Responden juga cenderung lebih suka merekomendasikan produk jika testimoni yang diberikan dianggap positif, informatif, dan deskriptif. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini menyarankan bahwa strategi pemasaran yang efektif harus fokus pada pengumpulan testimoni berkualitas, serta meningkatkan interaksi yang baik antara penjual dan konsumen untuk menarik perhatian dan memperkuat kepercayaan konsumen. Dengan demikian, strategi pemasaran yang berbasis pada testimoni yang kredibel dapat menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap UMKM yang berpartisipasi dalam CFD di Medan.
References
Abdullah, Dayang N.M.A. & Francine Rozario. (2009) ” Influence of Service and Product Quality towards Customer Satisfaction: A Case Study at the Staff Cafeteria in the Hotel
Adiwarman A Karim,, Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007
Aprijon, M.Ed. 2013. Kewirausahaan dan Pandangan Islam. Menara. 12 (1). Afif, M. 2016. Kewirausahaan Ditinjau Dari Perspektif Islam. Rasail. 3 (1).
Boyt, Thomas E, Robert F. Lusch & Gillian Naylor (2001) , “The Role of Professionalism in Determining Job Satisfaction in Professional Services : A Study of Marketing Researchers“,
Industry”, World Academy of Science, Engineering and Technology 53. Aritonang, Lerbin R. (2007). Riset Pemasaran. Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia
Julyani, E. 2016. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura, vol. 7, No.1. Kurniawati, A. 2019. Transaksi E-Commerce dalam Perspektif Islam. El Barka. 2 (1).
Nuryanti. 2013. Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi, 4 (21)
Sadono Sukirno, Pengantar Teori Mikro Ekonomi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,1997
Sholihin, M dan Mujilahwati, S. 2016. Dampak Pemanfaatan E-Commerce terhadap Peningkatan Penjualan di UMKM (Studi Kasus Ninda Bros Lamongan). Jurnal TeknikA. 8 (1).
Copyright (c) 2025 Nayla Hadisti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.