Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Pendidikan Islam Di Pesantren, Madrasah, Sekolah Berasrama
Abstract
Pendidikan Islam di Indonesia memiliki akar sejarah yang kuat dan berkembang melalui berbagai institusi seperti pesantren, madrasah, dan sekolah berasrama. Penelitian ini membahas sejarah pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam di ketiga lembaga tersebut, mulai dari masa awal hingga era modern. Pesantren sebagai institusi pendidikan tertua dalam tradisi Islam Nusantara memainkan peran penting dalam penyebaran nilai-nilai keagamaan dan pembentukan kader ulama. Seiring dengan kolonialisme dan modernisasi, muncul madrasah sebagai bentuk pendidikan formal yang mengintegrasikan kurikulum agama dan umum. Selanjutnya, sekolah berasrama muncul sebagai inovasi dalam menjawab tantangan pendidikan Islam kontemporer dengan menyediakan lingkungan pembelajaran yang terpadu. Studi ini juga menyoroti dinamika perubahan kurikulum, peran pemerintah, serta pengaruh globalisasi terhadap keberlanjutan dan transformasi lembaga-lembaga ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga institusi tersebut saling melengkapi dalam mempertahankan tradisi pendidikan Islam sekaligus beradaptasi dengan kebutuhan zaman
References
Cherniack, gary t. fergusion & reuben m. cherniack. “Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Pembaharuan”. Vol. 4 no. 1 (2016)
Idris, Syarifuddin. “PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (Studi Analisis Tokoh, Organisasi, Dan Lembaga Pendidikan)”. Jurnal Ilmiah “Kreatif.” Vol. XII no. 2 (2015)
Khamim, Siti et al. “Pengaruh Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Dalam Dinamika Politik Di Indonesia”. Innovative: Journal Of Social Science Reseach. Vol. 4 no. 2 (2024)
Khoziny Buduran Sidoarjo, Iai Al. “Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia Saidur Ridlo”. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol. 1 no. 1 (2019)
Maidar, Maidar. “Pembaruan Pendidikan Islam: Telaah Retrospektif Dan Prospektif”. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol. 15 no. 1 (2015)
Soraya, Sayyidah, and Dodi Irawan. “Strategi, Metode, Media, Dan Pemikiran Ulama Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia”. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI). Vol. 1 no. 2 (2023)
Tinggi, Sekolah et al. “MODEL PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DARI”. Vol. 2 no. 2 (2023
Copyright (c) 2025 Mirna Sari, Siti Maela, Damsir Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.