Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai

  • Dahlia Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi Kota Tanjungbalai
  • Topan Iskandar Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi Tanjungbalai
Keywords: Kedisiplinan Guru, Kepala Sekolah, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi kepala madrasah dapat membantu meningkatkan kedisiplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai. Adapun fokus penelitian yaitu strategi kepala sekolah, perkembangan kedisiplinan guru dan hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakn penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dengan melakukan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik keabsahan trianggulasi.Hasil dari penelitian ini adalah Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai yaitu memberikan keteladaan, memberikan motivasi kepada guru bahwa disiplin itu sangan perlu, menjalin hubungan kerja sama yang baik terhadap warga sekolah, memgevaluasi perkembangan guru dalam hal kedisiplinan dan memberikan penghargaan berupa pujian kepada guru yang menjalankan peraturan dan memberikan hukuman kepada guru yang melanggar peraturan kedisiplinan. Setelah kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai menerapkan strategi kedisiplinan, kedisiplinan guru telah berkembang dengan baik. Namun, masih ada beberapa guru yang tidak menjalankan peraturan yang telah ditetapkan. seperti guru yang tidak tepat waktu datang kesekolah, tidak masuk kelas tanpa izin, dan guru yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran.

Author Biographies

Dahlia, Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi Kota Tanjungbalai

Manajemen Pendidikan Islam

Topan Iskandar, Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi Tanjungbalai

Manajemen Pendidikan Islam

References

Amelia, L. (2024). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Zia Salsabila. 5(2). https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/941

Anwar, C. (2019). Kepala Sekolah dan Peningkatan Mutu Guru. Bayu media publishing.

Asri, N. (2022). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTS Darun Najah Sambikarto. Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Cahyati, R. A., & Supriyanto. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Di SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(02), 320–329.

Fatikah, N., & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sma Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 167–182. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989

Hadi, M. N. (2023). Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di MTS Arrayhan Bangkunat Pesisir Barat. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unuversitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hafidulloh, Iradawaty, S. N., & Mochklas, M. (2021). Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Bintang Pustaka Madani.

Hamzah, Sugiati, A., & Fatimah, S. (2023). Peranan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SD Inpres Tompotana Kabupaten Takalar. Journal Innovation in Education (INOVED), 1(3), 54–62.

Hendra, Sopiana, Wijaya, S., & Iskandar, T. (2023). Konsep Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(5), 1783–1790. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i5.4594

Hermino, A. (2019). Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Alfabeta.

Hidayat, A., Muspawi, M., Rahman, K. A., & Ronansyah, M. F. (2022). Jurnal Manajemen Pendidikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Principal Leadership Style in Improving Teacher Performance. 4(2), 162–181.

Hidayat, R., & Iskandar, T. (2022). Strategi Meningkatkan Penghasilan untuk Kesejahteraan Keluarga Pedagang. 1(4), 305–315. https://doi.org/10.55983/inov.v1i4.197

Indra, W. S., & Lubis, E. F. (2022). Analisis disiplin kerja karyawan pada PT. Kharisma Dayung Utara Pekanbaru. Jurnal Valuta, 6(1).

Kompri. (2020). Manajemen Sekolah: Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Pustaka Belajar.

Kuncoro, M. (2020). Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif di Era Industri 4.0 (Ratih Indah Utama). ANDI.

Lubis, M. A. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 13 Sei. Rampah Kab. Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2019. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Neferi Sumatra Utara.

Lubis, M. R. (2020). Strategi Kepala Madrash dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di Yayasan MTS Islamiyah Medan. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Mbatutu. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 10 Konsel Kec. Angata Kab. Konawe Selatan. Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Muhaimin, Suti’ah, & Prabowo, S. L. (2019). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah).

Mulyasa. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Rosda.

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri 81 Lebong. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Nurhalimah. (2023). Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan Brand Image Sekolah menuju sekolah unggul di MIS Nurus Salam Deli Tua Medan Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Patmarina, H. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Produktivitas Kerja Perusahaan CV. Laut Selatan Jaya Di Bandar Lampung. 3(1).

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

Sarmika, Darmawangsa, A., & Sampurno, B. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di MTs. Muhammadiyah Layang Parang Layang Makassar. KENDALI: Economics and Social Humanities, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.58738/kendali.v2i1.298

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung

Simamora, M. R., Simorangkit, J., Nababan, M. L., & Aguatina, W. (2021). Buku Guru Edukasi Resiliesnsi Remaja (May Rauli Simamora, M. A). Edu Publisher.

Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2019). Manajemen Kinerja: Pengelolaan, Pengukuran, dan Implikasi Kinerja. Rajawali Pers.

Siregar, A. H. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Dan Peserta Didik Di Madrasahn Tsanawiyah Amin Darusalam Bandar Setia Percut Sei Tuan Deli Serdang. 2(4).

Zamroh, W. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru pada SD 85 Lebong, Kec. Pinang Belapis, Kab. Lebong. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Published
2024-10-14
How to Cite
Dahlia, & Topan Iskandar. (2024). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 2(5), 12-21. https://doi.org/10.33151/ijomss.v2i5.359