Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMK Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMK Al Washliyah Pasar Senen 1 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepala sekolah bertanggung jawab serta berperan penting dalam manajemen pemebelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi melalui perencanaan program jangka pendek dan jangka panjang. Melakukan pengorganisasian dan koordinasi kepada pendidik, tenaga pendidik dan peserta didik untuk dapat memanfaatkan pembelajaran berbasis TIK. Serta melakukan evaluasi untuk melihat manfaat dan kendala apa saja dari pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMK Al Washliyah Pasar Senen 1 Medan. Hasil evaluasi menunjukkan manfaat yang dirasakan dari pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dari bermacam produk TIK yang sudah ada memberikan inovasi serta kemudahan dalam aktifitas sekolah terutama dalam aktifitas proses pembelajaran seperti, mempermudah pendidik/guru dalam mengelola manajemen kelas berupa pembuatan perangkat pembelajaran, silabus , RPP dan mengelola hasil nilai peserta didik. Serta dapat dijadikan sebagai salah satu inovasi sumber belajar bagi pendidik dan peserta didik. Kendala yang dirasakan dari pemanfaatan pembelajaran berbasis TIK mahalnya sarana prasarana TIK sehingga memerlukan perencanaan program jangka panjang untuk melengkapi sesuai standar sekolah berbasis TIK serta masih belom meratanya jaringan internet.
References
Aka, Kukuh Andri. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 1. No 2a (28-37)
Bali, M.M.E.I. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Distance Learning. Journal Tarbiyatuna. Vol 3. No 1 (30-40)
Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.
Journal Pendidikan Islam. Vol 8 No 1 (75-83)
Damayni, Titin. Arafat, Yasir. & Syaiful, Eddy. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media.Vol 1. No 1 (46-57)
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Seperti Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2. No 1 (55-61)
Fauziah dan Hedwig, R. 2010. Pengantar Teknologi Informasi. Bandung : Maura Indah Huda, Ikhram Abdaul. 2020. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 1. No 2 (143-149)
Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Kartika, Sinta. Husni, & Millah Saepul. 2019. Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Pendidikan Islam. Vol 7. No 1 (114-126)
Kurniawan, Ari. 2019. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Pembelajaran Di Smp Negeri 5 Ponorogo, Jawa Timur. Journal Teknodik. Vol 23. No 1(55-64)
Kristiawan, Muhammad. Safitri, Dian. & Lestari Rena. 2017. Manajemen Pendidikan.
Yogyakarta: Deepublish
Maria, Edna & Sediyono, Eko. 2017. Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Tik Di Sekolah Dasar. Journal Manajemen Pendidikan. Vol 4. No 1 (59-71)
Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya
Muhibudin, Agus. 2017. Paradigma Pemanfaatan Teknologi Informasi ( It ) Dalam Proses Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan ( Study Di Smp Negeri 2 Ciledug Kabupaten Cirebon). Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol 2. No 2 (1-7).
Nurvitasari, Evy. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Guru Dalam Pembelajaran Kimia Sma Di Distrik Merauke. Journal Magistra. Vol 5. No 1 (48-61)
Partono. 2020. Manajemen Stratejik Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMK Ciledug Al Musaddadiyah dan SMKN 1 Garut. Journal Maps. Vol 3. No 2 (109-119)
Rusman. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, PT. Raja grafindo Persada, Jakarta, 2013
Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Suriansyah, Ahmad. 2015. Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK (Proses Dan
Permasalahannya). Journal Paradigma. Vol 10. No 2 (1-6)
Utami Yulia. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Proyektor LCD Menggunaka Program Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menuntukan Volume Kubus Dan Balok Pada Bangun Ruang. Journal Mantik Penusa. Vol 1. No 1 (52-58)
Utamy, Rahmah. Ahmad, Syarwani. & Eddy, Syaiful. 2020. Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research. Vol 1. No 3 (226-236)
Wardani, Erika Sherly. 2014. Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam upaya penigkatan pembelajaran berbasis TIK di SMA Negeri Mojoagung Jombang. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol 4. No 4 (201-206
Winda, Novia. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Journal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vo. 1. No 1 (87-94)
Wirastuti, Lusiana. 2020. Manajemen Kelas Dan Pembelajaran: Dampaknya Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Journal Edum. Vol 3. No 1 (11-18)
Zulkarnain, Muhammad Rizki. 2015. Manajemen Kelas Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Journal Paradigma. Vol 1. No 2 (75-77)
Copyright (c) 2024 Nova Lega Hati Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.