Hakikat Pembelajaran Sastra Anak Di SD/MI
Abstract
sekolah dasar di kelas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa dan sastra apa yang efektif untuk siswa sekolah dasar kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, dengan pengumpulan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan penelitian yang dilakukan sebelumnya, yang diperoleh dari berbagai referensi yang dianalisis secara kritis. Sastra anak merupakan sebuah karya sastra yang ceritanya berkorelasi dengan dunia anak-anak dan bahasa yang digunakan sesuai dengan perkembangan intelektual, dan emosional anak. Pembelajaran sastra di sekolah dasar dapat diklasifikasikan dalam tiga kelompok, yaitu; pembelajaran fiksi, pembelajaran puisi, dan pembelajaran drama. Ketiga bentuk sastra ini harus disajikan guru secara apresiasi.
References
Ampera, T. (2010). Pengajaran Sastra Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis Aktivitas. Bandung: Widya Padjadjaran.
Anafiah, S. (2014). Pemanfaatan sastra anak sebagai media penanaman wawasan multikultural. Trihayu, 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/230378133.pdf
Faidah, Citra Nur. (2018). Dekontruksi Sastra Anak: Mengubah Paradigma Kekerasan dan Seksualitas Pada Karya Sastra Anak Indonesia. Jurnal Kredo. 2(1).
Huck, Charlotte S., Hepler S., & Hickman J. (1987). Childrens Literature in the Elementary School. New York: Holt, Rinehelt, and Winston.
Khaerunnisa. (2023). Menyelami Dunia Sastra Anak. Yogyakarta: K-Media.
Krissandi, Apri Damai Sagita. dkk. (2018) Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak. Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia.
Krissandi. (2020). Sastra Anak Indonesia. Yogyakarta:-
Kurniawan, Heru. (2013). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Artikel Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Sastra anak dan pembentukan karakter. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/232/14
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Sastra Anak Pengantar Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta.
Puryanto, Edi. (2008). Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolah. Makalah dalam Konferensi Internasional Kesusastraan XIX HISKI.
Resmini, Novi. (2010). "Sastra anak dan pengajarannya di sekolah dasar." Diakses dari: file. upi. edu/...SASTRA.../SASTRA_ANAK_DAN_PENGAJARANNYA_DI_SEKOLAH_DASAR.
Rukayah. (2012). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Sastra Anak dengan Pendekatan Koperatif di Sekolah Dasar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Rumidjan. (2013). Dasar Keilmuan dan Pembelajaran Sastra Anak SD. Malang: FIP UM
Sarumpaet, Riris K. Toha. (2017). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sistiana D. (2018). Sastra Anak dalam Pembentukan Pendidikan Karakter. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. 2(1). https://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/1293/692
Tarigan, H. Guntur. (2011). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa
Teeuw, A. (2013). Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.
Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Copyright (c) 2024 Khairun Nisa, Yesi Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.