Hakikat Pembelajaran Membaca Dan Menyimak Di Kelas Tinggi
Abstract
Pada kelas tinggi terdapat materi pembelajaran membaca dan menyimak yang merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia karena tanpa kemampuan ini, dunia akan tertutup dan terbatas pada apa yang ada di sekitar. Membaca adalah tentang pengucapan kata-kata dan mempelajari kata-kata dari bahan cetakan sedangkan menyimak adalah mendengarkan dan memahami isi bahan simakan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca dan menyimak di kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). yang berkaitan dengan membaca dan menyimak di kelas tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Membaca merupakan kunci untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang kompleks dari berbagai sumber. Menyimak, sebagai keterampilan pendukung membaca, juga memainkan peran penting dalam memperluas pemahaman siswa terhadap berbagai jenis teks dan konten.
References
Alamsyah, T., Ramli, R., & Safhida, M. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Menyimak Model Dictogloss Pada Guru Peserta Pendidikan Profesi Guru (Ppg) Pra-Jabatan Fkip Universitas Syiah Kuala. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1).
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/download/4839/4644
and Discourse Analysis (Metode Analisis Teks & Wacana). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Azzahra, A., Ibrahim, H., Rohimah, N., Nasution, S. F., & Zakiyyah, Z. (2023). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Yang Kritis Di Kelas Tinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(3).
Chairani, (2021), Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Metode Team Game Tournament Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 05, Jakarta: CV. Tatakata Grafik.
Eliya, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Kelas II SDN 2 Jelapat Tahun Pelajaran 2018/2019. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 5(7), 517-526.
Fauzi, M. R. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Pemahman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Dengan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Concentrated Language Encounter (CLE). Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(4), 147-161.
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8.
Manalu, R. J., Tumanggor, E. J., Sidauruk, M. A. B., Sitorus, H. A., Damanik, G. T. I., Herman, H., & Sihombing, S. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SD Negeri 056915 Perumnas Batu 6 dalam Keterampilan Menyimak. Journal on Teacher Education, 4(3), 204-211.
Manguni, D. W. (2022, January). Teknik Membaca Scanning dalam Pengembangan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika Anak di Sekolah Dasar. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 59-70). https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/818
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34. Jakarta : Universitas Terbuka
Nazir, Moh. (2009) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ndruru, S. (2022). Peningkatan keterampilan menyimak kegiatan wawancara melalui penerapan metode demonstrasi siswa. Jurnal Education And Development, 10(1), 493-497.
Oktaviani, R. E. (2021). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia Sd/Mi. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-9. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/download/1528/1629
Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 177-193. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/1025
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/JUPENSI/article/view/1984
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62.
Putri, S. O., & Wijayanti, N. S. (2018). Faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(2).
Septya, J. D., Widyaningsih, A., BB, I. N. K. B., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365-368.
Soedarsono. 1993. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Soemarjadi. 1992. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud
Titscher, Stefan., Michael, Mayer., Ruth, Wodak., and Eva, Vetter. (2009) Metods of Text and Discourse Analysis (Metode Analisis Teks & Wacana). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2024 Khairun Nisa, Dwi Rizki Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.