Peran Teknologi dalam Menyusun Strategi Efektif untuk Menigkatkan Minat Menulis Siswa di Kelas Tinggi

  • Khairun Nisa STAI Raudhatul Akmal
  • Rizki Khairunisa Sembiring Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Peran teknologi, Strategi afektif, Menulis kelas tinggi

Abstract

Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam pendidikan, terutama di kelas tinggi. Analisis terhadap literatur menunjukkan bahwa teknologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat menulis siswa melalui berbagai cara termasuk menyediakan media yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi, strategi serta tantangan dalam meningkatkan minat menulis siswa di kelas tinggi. Dalam tulisan ini menggunakan metodologi studi pustaka dengan teknik pengumpulan data yang dikumpulkan dari berbagai jurnal, buku, skripsi, dan tesis yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknologi dalam Pendidikan dapat memberi kemudahan dalam proses pembelajaran serta dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Namun dalam penyusunan strategi, teknologi tidak dapat dijadikan satu-satunya faktor peningkatan strategi hasil belajar siswa. Serta tantangan yang dihadapi lebih mengarah kepada kemampuan guru yang kurang memahami perkembangan teknologi.

Author Biographies

Khairun Nisa, STAI Raudhatul Akmal

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Rizki Khairunisa Sembiring, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Amelia, A., & Solikhah, M. (2024). Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Melalui Penerapan Teknologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i1.2663

Fadhillah, D. (2022). Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Kelas Tinggi. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=9FiKEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Febrina, N., & Kartolo, R. (2022). Pengaruh penggunaan media internet tehadap hasil pembelajaran menulis karangan siswa sekolah menengah atas. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/30031679000

Mauludin, S., & Cahyani, I. (2018). Literasi digital dalam pembelajaran menulis. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Murniati, C. T. (2019). Mengembangkan Kemampuan Menulis Melalui Digital Storytelling. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 579–585. http://repository.unika.ac.id/21612/%0Ahttp://repository.unika.ac.id/21612/3/Untitled.pdf

Muthoharoh, N. B. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Fungsional Pendek Bahasa Inngris. Deiksis, 9(3), 360–373. https://www.academia.edu/103177299/Analisis_Efektivitas_Penggunaan_Teknologi_dalam_Pendidikan_Terhadap_Peningkatan_Hasil_Belajar

Nurmadiah, N., & Asmariani, A. (2019). Teknologi Pendidikan. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 61–90. https://doi.org/10.32520/afkar.v7i1.220

Pradita, L. E., Jayanti, R., Mardliyah, A. A., & Suwandana, E. (2021). Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara. PT. Nasya Expanding Management. https://books.google.co.id/books?id=1UlVEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Rahmawati, I., & Salehudin, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 404–418. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461

Santi, S. T. (2012). Penggunaan Media Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Elektronika Digital Dasar [Universitas Pendidikan Indonesia.]. https://repository.upi.edu/101100/

Siregar, P., Barumun, S., Sibuhuan, R., Aprina, L., Stai, S., Raya, B., Nurhalimah, S., Stai, H., & Sibuhuan, B. R. (2023). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1001 Batang Bulu. Journal of Community Dedication, 3(4), 316–325. https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/544

Sugiarto. (2016). Pemanfaatan Media Informasi Teknologi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas 2 Sdn Bulukerto 02 Bumiaji Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 4(1), 30–59.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta. https://www.academia.edu/86315143/Sugiyono_2011_Metode_Penelitian_Pendidikan_Pendekatan_Kuantitatif_Kualitatif_dan_R_and_D_Bandung_Alfabeta

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Wahid, F. S., Mutaqin, A., & Yasin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Binawakya, 16(5), 6873–6882. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1392/pdf

Published
2024-07-02
How to Cite
Khairun Nisa, & Sembiring, R. K. (2024). Peran Teknologi dalam Menyusun Strategi Efektif untuk Menigkatkan Minat Menulis Siswa di Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies, 2(4), 184–187. https://doi.org/10.33151/ijomss.v2i4.222