Peran Teknologi dalam Menyusun Strategi Efektif untuk Menigkatkan Minat Menulis Siswa di Kelas Tinggi
Abstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam pendidikan, terutama di kelas tinggi. Analisis terhadap literatur menunjukkan bahwa teknologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat menulis siswa melalui berbagai cara termasuk menyediakan media yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi, strategi serta tantangan dalam meningkatkan minat menulis siswa di kelas tinggi. Dalam tulisan ini menggunakan metodologi studi pustaka dengan teknik pengumpulan data yang dikumpulkan dari berbagai jurnal, buku, skripsi, dan tesis yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknologi dalam Pendidikan dapat memberi kemudahan dalam proses pembelajaran serta dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Namun dalam penyusunan strategi, teknologi tidak dapat dijadikan satu-satunya faktor peningkatan strategi hasil belajar siswa. Serta tantangan yang dihadapi lebih mengarah kepada kemampuan guru yang kurang memahami perkembangan teknologi.
References
Amelia, A., & Solikhah, M. (2024). Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Melalui Penerapan Teknologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i1.2663
Fadhillah, D. (2022). Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Kelas Tinggi. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=9FiKEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Febrina, N., & Kartolo, R. (2022). Pengaruh penggunaan media internet tehadap hasil pembelajaran menulis karangan siswa sekolah menengah atas. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/30031679000
Mauludin, S., & Cahyani, I. (2018). Literasi digital dalam pembelajaran menulis. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Murniati, C. T. (2019). Mengembangkan Kemampuan Menulis Melalui Digital Storytelling. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 579–585. http://repository.unika.ac.id/21612/%0Ahttp://repository.unika.ac.id/21612/3/Untitled.pdf
Muthoharoh, N. B. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Fungsional Pendek Bahasa Inngris. Deiksis, 9(3), 360–373. https://www.academia.edu/103177299/Analisis_Efektivitas_Penggunaan_Teknologi_dalam_Pendidikan_Terhadap_Peningkatan_Hasil_Belajar
Nurmadiah, N., & Asmariani, A. (2019). Teknologi Pendidikan. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 61–90. https://doi.org/10.32520/afkar.v7i1.220
Pradita, L. E., Jayanti, R., Mardliyah, A. A., & Suwandana, E. (2021). Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara. PT. Nasya Expanding Management. https://books.google.co.id/books?id=1UlVEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Rahmawati, I., & Salehudin, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 404–418. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461
Santi, S. T. (2012). Penggunaan Media Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Elektronika Digital Dasar [Universitas Pendidikan Indonesia.]. https://repository.upi.edu/101100/
Siregar, P., Barumun, S., Sibuhuan, R., Aprina, L., Stai, S., Raya, B., Nurhalimah, S., Stai, H., & Sibuhuan, B. R. (2023). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1001 Batang Bulu. Journal of Community Dedication, 3(4), 316–325. https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/544
Sugiarto. (2016). Pemanfaatan Media Informasi Teknologi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas 2 Sdn Bulukerto 02 Bumiaji Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 4(1), 30–59.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta. https://www.academia.edu/86315143/Sugiyono_2011_Metode_Penelitian_Pendidikan_Pendekatan_Kuantitatif_Kualitatif_dan_R_and_D_Bandung_Alfabeta
Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908
Wahid, F. S., Mutaqin, A., & Yasin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Binawakya, 16(5), 6873–6882. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1392/pdf
Copyright (c) 2024 Khairun Nisa, Rizki Khairunisa Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.