Konsep Manajemen Ketatausahaan di Sekolah
Abstract
Manajemen Ketatausahaan adalah suatu aturan atau peraturan yang terdapat dalam suatu proses kerja, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan yang meliputi penyimpanan dan pengarsipan, dan pengawasan untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi riset kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan membaca buku-buku atau majalah dan sumber data lainnya untuk menghimpun data dari berbagai literatur, baik perpustakaan maupun di tempat-tempat lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep manajemen ketatausahaan di sekolah adalah kegiatan administrasi pendidikan yang mengelola pencatatan, pengumpulan, penyimpanan data, dan dokumen yang dapat dipergunakan untuk membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan, urusan surat menyurat serta laporan mengenai kegiatan sekolah. kegiatan ketatausahaan meliputi: perencanaan, koordinasi, pengendalian, monitoring, dan evaluasi kegiatan ketatatusahaan dan administrasi tugas-tugas sekolah. Ada delapan tugas tenaga administrasi yaitu: menulis surat, membaca, menyalin (mengandakan), menghitung, memeriksa, memilah (menggolongkan dan menyatukan), menyimpan dan menyusun indeks, melakukan komunikasi (lisan dan tertulis) Kegiatan tata usaha sekolah ditujukan untuk memperlancar proses penyelenggaraan seluruh kegiatan sekolah, diwujudkan berupa pemberian pelayanan kepada siswa, guru/pegawai non guru, kepala sekolah dan staf serta semua pihak yang berhubungan dengan sekolah dalam membuat dan apabila memerlukan data dan informasi tertulis.
References
Arikunto, Suharsimi & Yuliana, Lia, (2008), Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media
Asmani, Jamal Ma’mur, (2011), Tips Praktis Membangun Dan Mengolah Administrasi Sekolah,Yogyakarta: DIVA Press
Danim, Suhardan, (2009), Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Handoko, T. Hani, (2012), Manajemen dalam Perspektif, Jakarta: Erlangga
Daryanto, (2006), Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Gie, The Liang, (2000), Administrasi Perkantoran Modern, Yogyakarta: Liberti
Kamisa, (1997), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabayat: Kartika
Kurniadin, Didin, (2016) Manajemen Pendidikan (Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan), Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, cetakan III
Mahmud, (2011), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia
Mestika Zed, (2008), Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
M. Herujito, Yayat, (2004), Dasar-dasar manajemen, Jakarta: Grasindo
Mulyasa, (2007), Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi, dan Implementasi, Bandung: PT. Reamaja Rosdakarya
Mutohar, Prim Masrokan, (2013), Manajemen Mutu Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Prihatin, Eka (2011) Manajamen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang standar kompetensi tenaga administrasi sekolah
Proseding AP, (2011), Penempatan Dan Pembinaan Tenaga Kependidikan Indonesia, Pekanbaru: Yayasan Pustaka Riau
Sarfullah, (2002), Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia
Suhardang, Dadang, (2013), Manajemen Pendidikan, Bnadung: Alfabeta.
Suharsimin Arikunto, (2000), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka cipta
Ukas, Maman, (2004), Manajemen, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi, Bandung: Agnini
Suryosubroto, B, (2004), Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Syafaruddin, Irwan Nasution, (2005), Manajemen Pembelajaran Jakarta: Quantum Teaching
Copyright (c) 2024 Arizqi Ihsan Pratama Arizqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.