Studi Komparatif: Kesamaan Derajat Dalam Lembaga Pendidikan Madrasah
Abstract
Pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional, karena merupakan salah satu penentu kemajuan suatu bangsa. Pendidikan bahkan merupakan sarana paling efektif untuk meningkatkan kualitas hidup dan derajat kesejahteraan masyarakat, serta yang dapat mengantarkan bangsa mencapai kemakmuran. Dalam penelitian atau pembahasan mengenai kesamaan derajat dalam lembaga pendidikan ini juga menggunakan teori, yaitu teori behavioristik. Karena penelitian ini berbentuk library research, maka dalam pengumpulan data digunakan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian teori behaviorisme dari tokoh John broadus Watson yang menyatakan di dalam pendidikan tidak ada perbedaan atau pelapisan melainkan adanya kesamaan kesejahteraan antara sesama bangsa.Dan indikator utama dapat dilihat dari hasil belajar seseorang.Seorang anak belum dapat dikatakan berhasil dalam belajar jika belum mempraktekkannya atau dengan suatu perilaku. Dan dengan apa yang disampaikan dalam undang-undang dasar tahun 1945 tentang hak seluruh bangsa dan anak-anak bangsa memiliki hak dalam berpendidikan dan sekolah. Hal ini tercantum di dalam undang-undang dasar nomor 23 tahun 2002.
References
Anwar, C. (2017). Teori teori Pendididkan Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.
Fikki. (2020). Wawasan Sosial Budaya : Pengantar bagi Kalangan. Cauepedia: The First on-Indonesia.
Jafar, D. N. (2021). PENANGANAN KASUS PROLAPS REKTUM PADA KUCING DOMESTIK DI PUSKESWAN KOTA MAKASSAR. Universitas Hasanudin Makassar.
Putri, N. R., & Ratnasari, S. L. (2019). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ASURANSI TAKAFUL BATAM. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(1), 48–55.
Santri, A., & Abdillah. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SDN 105304 Sarilaba Jahe Sibiru-biru Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, Vol. 1(No. 6), hlm. 2.
Copyright (c) 2023 Heri Munte

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.